Kelebihan Mesin Pipa HDPE dan Cara Merawatnya – Menjaga dan merawat suatu barang merupakan suatu hal yang diwajibkan agar barang tersebut tetap memiliki kualitas bagus. Salah satunya adalah pipa HDPE. Dalam penggunaannya, pipa HDPE juga membutuhkan perawatan supaya tetap berfungsi dengan baik.

Pengertian Pipa HDPE

HDPE merupakan singkatan dari High Density Polyethylene adalah produk pipa plastik bertekanan tinggi yang biasanya digunakan untuk saluran air bersih berstandar food grade. High Density Polyethylene atau Polietilena berdensitas tinggi merupakan bahan baku material pembuatan Pipa Polyethylene atau biasa disingkat Pipa PE

Material HDPE dibuat dari bahan minyak bumi yang memiliki karakteristik yaitu tingkat kelenturan dan kekuatan tinggi sehingga bahannya tidak mudah rusak. Ikatan antar molekul material yang terikat sangat kuat sehingga peluang tingkat keretakan sangat rendah.

Mesin pipa HDPE merupakan pipa berstandar food grade yang artinya aman untuk peralatan makan dan minum. Hal tersebut terjadi karena bahan dari produk pipa yang satu ini yang tak mudah rusak dan mengakibatkan pencemaran. Material ini sangat cocok dan direkomendasikan untuk saluran air bersih bertekanan.

Pipa HDPE memiliki tingkat fleksibilitas yang sangat baik. Pipa ini dapat dipasang dimana saja. Usia penggunaannya pun dapat bertahan lama. Selain itu, pipa ini juga antikarat dimana masalah karat ini adalah yang sering dialami oleh pipa besi. Oleh karena itu, produk ini sangat cocok dipasang di kawasan tropis seperti Indonesia karena ketahanannya tinggi terhadap pengaruh lingkungan sehingga tidak mudah rusak.

Jenis Pipa HDPE

Jenis Pipa PE-100 atau mesin pipa HDPE ini dapat digolongkan menjadi beberapa varian dan jenis sesuai kebutuhan dibagi menjadi tiga kategori. Kategori pertama ialah berdasarkan penggunaan yaitu pembangunan saluran air bersih, pembangunan saluran gas bertekanan, dan selongsong atau pelindung kabel.

Sedangkan kategori kedua berdasarkan kemasan produk yaitu pipa PE batang dan pipa PE roll atau gulungan. Kemudian kategori ketiga berdasarkan kebutuhan tekanan yaitu pipa PE-100 PN-4, PN-5, PN-6,3, PN-8, PN-10, PN-12,5, PN-16 dan PN-20.

Jenis-Jenis Aksesoris Pipa HDPE dan Kelebihannya

Pada instalasi saluran air, pipa didukung oleh beberapa aksesoris pipa dengan berbagai macam bentuk dan ukuran diameter. Jenis aksesoris atau fitting mesin pipa HDPE biasanya dibedakan berdasarkan jenis penyambungan yang dipilih. Maka dari itu, secara umum terdapat tiga jenis aksesoris yang digunakan, yaitu :

Compression Joint

Compression Joint merupakan aksesoris yang dibuat untuk menyambungkan pipa tanpa menggunakan mesin penyambungan atau welding machine HDPE, bahan perekat lainnya maupun dengan menggunakan metode penyambungan Mechanical Joint.

Butt Fusion

Butt Fusion adalah metode penyambungan HDPE yang dilakukan dengan menggunakan mesin penyambungan atau welding machine. Mekanismenya ialah dengan memanaskan kedua sisi pipa maupun aksesoris HDPE hingga meleleh, setelah itu pipa baru bisa disatukan.

Electrical Fusion Joint

Electrical Fusion Joint ialah salah satu aksesoris penyambungan mesin pipa HDPE yang memiliki panel listrik dengan kelebihan konversi menjadi panas untuk melelehkan kedua sisi yang akan disatukan. Adapun kelebihan pipa HDPE yaitu :

Ringan

Pipa HDPE lebih ringan daripada pipa besi sehingga proses instalasi dan mobilisasi dalam proses pembuatan saluran air akan lebih mudah. Pipa ini juga mampu bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Sistem Sambungan Bervariasi

Teknik penyambungan pipa HDPE secara umum dapat dibagi menjadi tiga. Compression Joint merupakan cara penyambungan tanpa membutuhkan bantuan mesin. Teknik penyambungan yang menggunakan bantuan mesin lainnya adalah Electrical Fusion Joint dan Butt Fusion.

Ramah Lingkungan dan Food Grade

Karakter polietilena berdensitas tinggi yang tidak mudah mengalami kerusakan dan mencemari aliran air bersih, mampu membuat pipa HDPE ini sesuai dengan standar Food Grade. Produk pipa plastik ini juga tidak akan mengalami masalah karat seperti halnya pipa besi yang dapat mencemari air. Selain itu, bahan dari mesin pipa HDPE ini juga mudah didaur ulang sehingga lebih ramah lingkungan.

Fleksibel dan Lentur

HDPE memiliki tingkat kelenturan yang sangat tinggi. Kelebihan ini membuat proses instalasi pipa HDPE ini lebih mudah daripada pipa besi karena tidak memerlukan aksesoris yang terlalu banyak. Pipa ini tersedia dalam bentuk roll hingga ratusan meter karena kadar kelenturannya cukup tinggi,

Tahan Kondisi dan Cuaca

Mesin pipa HDPE memiliki kekuatan serta ketahanan yang tinggi sehingga dapat bertahan dalam berbagai kondisi dan cuaca. Oleh sebab itu, pipa HDPE ini cocok untuk digunakan dimana saja sesuai kebutuhan para pengguna.

Baca Juga Artikel Ini : Mau Jadi Supplier Pipa HDPE, Ketahui Apa Saja Keunggulan Pipa HDPE Dibandingkan Pipa Lainnya

Cara Merawat Mesin Pipa PE

Adapun beberapa cara merawat, menjaga dan memelihara mesin pipa HDPE yang seharusnya wajib diketahui bagi para pengguna atau teknisi mesin pipa PE agar kualitasnya tetap terjaga antara lain adalah :

Lakukan Mapping

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk pemeliharaan mesin pipa PE adalah dengan melakukan persiapan dan mapping yang baik, benar dan juga tepat. Persiapan dan juga mapping ini sebenarnya merupakan sebuah hal yang dilakukan agar Anda nantinya dapat menentukan berbagai macam hal lain dalam upaya pemasangan instalasi mesin dan pipa HDPE ini.

Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan misalnya dengan mengetahui kebutuhan pipa HDPE Anda, kemudian ukuran pipa yang barangkali dibutuhkan, jumlah sambungan pipa HDPE, atau mungkin kebutuhan aksesoris pipa dan sebagainya.

Pasang Mesin dan Instalasi yang Tepat

Hal kedua yang dapat Anda lakukan untuk dapat memelihara mesin pipa HDPE ini adalah dengan melakukan pemasangan instalasi dari mesin dan pipa yang tepat. Pemasangan instalasi ini merupakan salah satu bagian yang penting dalam melakukan pemeliharaan terhadap instalasi mesin dan juga pipa. Pipa HDPE, mesin dan fitting nantinya yang akan digunakan harus sesuai dengan segala perencanaan dan juga kebutuhan. Misalnya, untuk jenis tekanan PN 10 Anda harus juga menggunakan jenis fitting dengan PN 10.

Selain itu, jenis pipa yang Anda gunakan tentunya harus cocok dengan karakter mesin dan juga harus disesuaikan pula dengan segala tekanan yang ada. Pemasangan instalasi ini memang sangat membutuhkan ketelitian yang tinggi karena jika hal ini tidak dilakukan secara baik dan benar, maka yang ada malah membuat mesin serta instalasi pipa akan semakin cepat untuk rusak.

Jauhkan dari Komponen Berbahan Besi

Informasi yang didapatkan mengatakan bahwa mesin HDPE beserta instalasinya akan semakin cepat mengalami kerusakan apabila melakukan gesekan dengan unsur besi. Terlebih lagi apabila besi yang digesekkan atau didekatkan adalah besi yang sudah mengalami korosi.

Meskipun memang mesin pipa HDPE ini memiliki kekuatan yang cukup, namun unsur korosi tersebut itulah yang sedikit banyak dapat merusak permukaan si pipa dan juga instalasi mesinnya. Jika permukaan tersebut rusak, maka mesin tidak akan berfungsi dengan baik.

mesin pipa hdpe

CV. Karya Pelita | Theme: Business Click by eVisionThemes